Memory Utama "RAM"..........(tugas TKJ)

Memory adalah bagian dari komputer tempat program-program dan data-data disimpan. Beberapa pakar komputer (terutama yang berasal dari Inggris )menggunakan iStilah store atau storage untuk memory, meskipun kata "storage" sering digunakan untuk menuju kepenyimpanan disket. Tanpa sebuah memory sebagai tempat untuk mendapatkan tempat informasi guna dibaca , ditulis oleh processor, maka tidak akan ada komputer-komputer digital dengan sistem penyimpanan program.
1. Bits
Satuan pokok memory adalah digit biner, yang disebut dengan Bit. sebuah bit dapat berisi angka O/ sebuah angka 1. Ini adalah satuan yang paling sederhana.( sebuah peralatan untuk menyimpan hanya angka nol mustahil dapat membentuk landasan dari satu sistem memory, paling tidak diperlukan 2 nilai)
2. Alamat Memory
Memory- memory terdiri dari sejumlah cel-cel masing-masing dapat menyimpan sepotong informasi. Setiap cel memiliki sebuah angka yang disebut alamat yang dipakai program- program sebagai acuan. Jika sebuah memory memiliki n cel, cel-cel tersebut akan memiliki alamat-alamat O sampai n-l. Semua cel dalam sebuah memory berisi jumlah bit yang sama.Jika sebuah terdiri dari K Bit, cel tersebut dapat menyimpan salah satu dari 2k kombinasi bit yang berbeda.
3. Pengaturan Byte
Byte-byte dalam sebuah word dapatdiberi nomor dari kiri kekanan / kekanan kekiri. Pertama-tama mungkin tampak bahwa pilihan ini tidak penting, tapi seperti yang akan kita lihat sekilas,pilihan tersebut memilikiinflikasi-implikasi utama.
4. Kode-kode untuk memperbaiki kesalahan
Memory- memory komputer kadang-kadang dapat membuat kesalahan karena tekanan-tekanan voltase pada arus listrik / atau sebab-sebab lain . Untuk menghindari kesalahan- kesalahan semacam itu, beberapa memory menggunakan kode-kode pendeteksi /kode-kode perbaikan kesalahan . Ketika kode-kode ini digunakan, bit-bit ekstra ditambahkan pada setiap word memory dengan suatu cara khusus. Ketika sebuah word muncul dari memory-memory,bit-bit tambahan tersebut diperiksa untuk melihat apakah telah terjadi sebuah kesalahan.
5. Memory Cashe
Secara historis, CPU-CPU selalu lebih cepat daripada memory-memory ketika memory-memory semakin berkembang maju dan CPU-CPU pun semakin bertambah maju. Perbedaan kecepatan tersebut tetap ada. Pada kenyataannya, karena semakin memungkinkan untuk menempatkan lebih banyak sirkuit pada sebuah chip,para perancang CPU menggunakan fasilitas -fasilitas baru .ini untuk pipelining dan operasi superskala, yang menyebabkan CPU-CPU semakin bertambah cepat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts